Heuristic Evaluation

Standar

22. VISIBILITY OF SYTEMS STATUS

Sistem harus dapat menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi pada system.

Ringkasan Masalah

Website ini masih kurang dapat menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi pada sistem, saat pengguna melakukan interaksi/aksi tertentu.

 Deskripsi Masalah

  • Hyperlink

Ketika kursor diarahkan ke hyperlink yang terdapat pada website ini,  hyperlink tersebut secara otomatis berubah warna ataupun terdapat underline pada textnya. Namun, terlihat ketidakkonsistenan ketika warna tersebut juga diterpakan pada text yang lain (Profile Update).

 link

 

  1. Rekomendasi perbaikan

penggunaan warna untuk nama (text) yang bukan hyperlink sebaiknya dibedakan dengan nama (text) yang berupa hyperlink, jika penggunaan warna tersebut sama untuk nama (text) yang berupa hyperlink ataupun yang bukan hyperlink, maka akan menyebabkan keambiguan bagi pengguna.

  1. Severity Rating

Menurut Nielsen (1995b), severity rating itu terbagi ke dalam 5, yaitu :

SR

Untuk masalah ini, saya memberikan Severity Rating sebagai berikut.

1 (2)

13 pemikiran pada “Heuristic Evaluation

  1. intanyuli

    Samad, mungkin bisa disampaikan juga rekomendasi warna yang tepat untuk permasalahan diatas… misal warnanya tetap merah untuk profile update, tapi warna untuk hyperlink menjadi ungu atau biru.. 🙂

    mohon komentarnya juga ya. intankiswari227.blogspot.com

    Suka

  2. Saya setuju sekali, link dalam web dapat diberi warna biru (yang menandakan dia merujuk ke sesuatu). Tanpa itu kadang user sendiri bingung apakah tulisan tersebut dapat di klik atau tidak.

    Suka

Tinggalkan komentar